5 Tantangan Online Learning / Training

Daftar Isi

    Meskipun kini kita sudah berada di masa endemi, banyak perusahaan masih menerapkan hybrid learning / training baik untuk kebutuhan onboarding, upskilling, maupun reskilling. Platform seperti Zoom, Google Meet, dan Microsoft Teams terus digunakan dalam sesi pembelajaran.

    Namun, seiring pembelajaran digital dan online semakin umum, banyak orang mulai menyadari kompleksitasnya. Ada banyak tantangan yang muncul baik dari segi alokasi dana, pengelolaan peserta ajar, dan sebagainya. 5 di antaranya adalah sebagai berikut.

    1. Meningkatkan Keterlibatan Peserta

    Salah satu tantangan terbesar dalam online training adalah menjaga engagement / keterlibatan peserta. Keterlibatan yang rendah dapat menyebabkan penurunan minat dan partisipasi. Via platform seperti Zoom, pengajar tidak memiliki kebebasan untuk mengidentifikasi semangat peserta ajar ataupun berinteraksi dengan mereka layaknya di kelas.

    Oleh karena itu, pengajar perlu menggunakan berbagai teknik yang lebih efektif seperti misalnya memanfaatkan platform kuis seperti Kahoot untuk mengadakan pre-test atau post-test. Pengajar juga dapat memanfaatkan tools lain seperti video, online whiteboard, dan lainnya untuk menjaga perhatian peserta ajar.

    2. Pembuatan Materi Khusus dalam Waktu Terbatas

    Menyusun materi pelatihan yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta dalam waktu singkat adalah tantangan lain yang dihadapi oleh penyedia online training. Dalam banyak kasus, perusahaan membutuhkan materi pelatihan yang relevan dan terkini untuk memenuhi kebutuhan spesifik mereka. Penggunaan alat digital dan teknologi seperti AI dapat mempercepat proses pembuatan konten, namun tetap membutuhkan waktu dan usaha untuk memastikan materi tersebut menarik dan efektif.

    3. Menurunkan Biaya Pelatihan

    Online learning / training menghasilkan banyak penghematan dari segi biaya instruktur, penyewaan tempat, materi cetak, biaya perjalanan, dan sebagainya. Namun, di sisi lain, untuk menghasilkan pembelajaran yang efektif, muncul biaya-biaya lain yang perlu diperhitungkan.

    Misalnya, biaya langganan platform / tools pendukung online learning, biaya produksi konten video learning berkualitas tinggi, biaya technical support, dan sebagainya. Menemukan keseimbangan antara biaya dan kualitas adalah tantangan yang perlu diatasi.

    4. Mengukur Return on Investment (ROI)

    Mengukur efektivitas pelatihan dan dampaknya terhadap organisasi sering kali menjadi tugas yang menantang. ROI dari online training tidak selalu mudah untuk diukur karena hasilnya mungkin baru terlihat dalam jangka panjang. Oleh karena itu, kita perlu memiliki matriks yang jelas untuk mengevaluasi keberhasilan pelatihan, seperti tingkat penyelesaian, peningkatan kinerja, dan kepuasan peserta.

    5. Mengintegrasikan Konten ke dalam Sistem LMS yang Ada

    Banyak perusahaan sudah memiliki Learning Management System (LMS). Namun, tidak semua LMS-nya sesuai untuk kebutuhan online training yang menyeluruh. Perusahaan perlu mencari tahu cara mengintegrasikan konten pelatihan baru ke dalam sistem yang sudah ada tanpa mengganggu proses yang sudah berjalan.

    Ini memerlukan pemahaman mendalam tentang berbagai platform LMS serta kemampuan untuk menyesuaikan konten agar kompatibel dan mudah diakses oleh peserta dari berbagai perangkat.

    Monkey Melody memahami bahwa setiap perusahaan memiliki tantangan dan tujuan yang berbeda. Oleh karena itu, kami menawarkan pendekatan yang disesuaikan untuk memastikan bahwa setiap video yang kami buat dapat mencapai tujuan pelatihan yang diinginkan. Dengan menggunakan teknologi terbaru dan pendekatan kreatif, kami siap membantu perusahaan Anda dalam menghadapi tantangan pelatihan di masa depan.

    Share:

    M. Rizky Fajar Ramadhan

    Di Monkey Melody, Fajar memastikan proses pembuatan multimedia learning berjalan dengan lancar dari pra-produksi hingga pasca produksi. Selain kadang terlibat langsung dalam pembuatan script dan storyboard, Fajar juga membantu menyusun konten-konten media sosial Monkey Melody.